5 Objek Wisata Goa Di Jawa Bagi Wisatawan Pemula

5 Objek Wisata Goa di Pulau Jawa Bagi Wisatawan Pemula

5 Objek Wisata Goa Di Jawa Bagi Wisatawan Pemula - Pulau Jawa memang menyimpan banyak objek wisata yang populer untuk dikunjungi, terutama bagi anda yang menyukai berpetualang menyusuri goa. Dengan banyaknya tempat-tempat di pulau Jawa dengan karakteristik batuan karst yang menyimpan potensi wisata goa yang menakjubkan. Berjalan-jalan menikmati pesona di dalam goa memang tidak semudah saat kita berlibur ke pantai, banyak sekali hal-hal yang perlu diperhatikan demi menjaga keselamatan saat menyusuri goa. Tapi tenang.. Beberapa objek wisata goa di Pulau Jawa ini telah dikelola dengan baik agar anda dapat melakukan wisata goa dengan selamat, dengan adanya pemandu wisata, fasilitas berupa tangga dan pecahayaan buatan. Sehingga wisata goa dapat dinikmati para Traveler pemula.

Berikut lima objek wisata goa di pulau Jawa yang di rekomendasikan oleh seorang Anggota dari organisasi pecinta goa Acintyacunyata Speleogical Club (ASC), Akhmad Zona Adiardi di lansir nationalgeographich.co.id.


1. GOA GONG, JAWA TIMUR

Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Di Goa ini terdapat  ornamen-ornamen goa yang telah terbentuk sempurna dikarenakan Goa Gong merupakan rangkaian pegunungan karst yang telah berusia tua. Ornamen-Ornamen seperti stalagmit, stalaktit, gordham, flowstone, hingga pilar dapat anda lihat saat memasuki objek wisata goa Jawa Timur ini.



Objek wisata Goa Gong di Jawa Timur

Saat anda memasuki Goa Gong, pemandu wisata akan memandu anda menyusuri goa melewati tangga yang sudah dibuat oleh pengelola pariwisata. Di dalam goa anda dapat melihat pesona gong cave, shawl drappery yaitu stalaklit yang menesteskan air, rekahan endapan kalsium dan tetesan air di ujung-ujung goa yang membentuk seperti danau-danau kecil. Dengan bantuan pencahayaan buatan yang berada di dalam goa membuat objek wisata goa ini terlihat menakjubkan.

2. GOA MAHARANI JAWA TIMUR

Selain Goa Gong, Jawa Timur juga memiliki Goa Maharani yang dapat dikunjungi bagi para pecinta wisata goa yang masih pemula. Goa yang terletak di Kabupaten Lamongan ini sekarang sudah terkelola dengan baik karena sudah ada pihak manajemen yang mengatur tempat pariwisata tersebut.


Objek wisata Goa Maharani di Jawa Timur

3. GOA CERME YOGYAKARTA

Beralih ke Gunung Kidul, Yogyakarta. Terdapat Goa Cerme yang dapat dinikmati pecinta wisata alam goa. Disana wisatawan juga dapat melihat ornamen-ornamen seperti stalaktit, stalakmit, gourdam, gordin, flowstone, dan canoy.


Objek wisata Goa Cerme di Jawa Yogyakarta


Tips dari Zona untuk wisatawan pemula tak terkecuali yang sudah berpengalaman, jika ingin mengunjungi Goa Cerme jangan datang saat musim hujan karena air bawah tanah dapat meluap dan membahayakan. Ini dikarenakan Goa Cerme adalah tipe Goa yang berair

4. GOA BUNIAYU JAWA BARAT

Jawa Barat memiliki objek wisata goa yang juga dapat dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Goa Buniayu. Goa Buniayu sendiri adalah nama kawasan Goa-goa alam yang tersebar disini, terdapat tiga goa di Buniayu yaitu Goa Wisata, Goa Landak dan Goa Kerek. Tetapi jika musim penghujan tiba hanya dua wisata goa yang dapat anda susuri yaitu Goa Wisata dan Goa Kerek.


Objek wisata Goa Buniayu di Jawa Barat

5. GOA JATIJAJAR TAWA TENGAH

Terakhir adalah Goa Jatijajar yang terletak di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Objek wisata goa Kebumen ini terdapat jalur yang tak berair yang dapat dimasuki. Para wisatawan juga dapat menikmati dua sendang atau sumber air, yaitu Sendang Mawar dan Sendang Kanthil.


Objek wisata Goa Jatijajar di Jawa Tengah

Itulah 5 objek wisata goa yang dapat anda susuri sebagai wisatawan pemula. Tetap jaga keselamatan ya selama ber-wisata. Jika anda pecinta kuliner Indonesia baca pusat rekreasi wisata kuliner unik Yogyakarta yang satu ini Mie Beton Kuliner Unik Dari Yogyakarta Yang Menyehatkan

Bagikan Tempat Wisata Favoritmu

Related Posts

Previous
Next Post »