Wisata Alam Air Terjun Kedung Kayang Boyolali

Objek Wisata Alam Air Terjun Di Boyolali Jawa Tengah

Wisata Alam Air Terjun Kedung Kayang - Air terjun kedung kayang merupakan obyek wisata yang sedang populer saat ini. Karena keindahan alamnya, tidak hanya para wisatawan lokal saja yang memenuhi wisata alam indah ini bahkan para wisatawan asing pun mulai banyak berkunjung untuk menikmati objek wisata indah ini. Wisata alam air terjun yang memiliki tinggi kurang lebih 40 meter ini terletak di kabupaten Boyolali, tepatnya di desa klakah kecamatan selo yang berdekatan dengan perbatasan kabupaten Magelang. Secara geografis objek wisata ini berada di ketinggian 950 meter dari permukaan laut dan terletak diantara gunung merapi dan gunung merbabu.

Selain dapat menikmati indahnya air terjun kedung kayang yang deras, pengunjung juga dapat mengunjungi goa yang berada di sekitar lokasi air terjun. Goa dengan lebar 2 meter dan tinggi 2,5 meter tersebut memiliki panjang nya tidak diketahui. Konon menurut cerita masyarakat sekitar, Goa tersebut tidak memiliki ujung. Di sekitar lokasi wisata alam Jawa Tengah yang indah ini juga banyak menyediakan berbagai fasilitas seperti penginapan, kedai makan dan bumi perkemahan.

Nama Kedung Kayang sendiri diperoleh dari para Empu yang berada di sekitar lokasi Air Terjun Kedung Kayang. Para Empu yang dikenal dengan nama Empu Panggung, Empu Putut, Empu Khalik dulunya sering kali mengadakan pertemuan di lokasi tersebut. Menurut Para Empu bahwasanya sungai pabelan sangat memberikan berkah kepada masyarakat sekitar, karena menurut kepercayaan walaupun sungai tersebut sebagian besar berasal dari Gunung Merbabu dan Gunung Merapi, Sungai tersebut tidak akan menglirkan lahar panas yang berasal dari kedua Gunung tersebut. Dikarenakan penunggu yang berada di tempat tersebut yaitu Kyai Gadung Melati dan Nyai Widari Welas Asih.

Kedung Kayang juga memiliki sebuah keunikan tersendiri, yaitu pada tiap bulan Suro tepatnya malam Jumat Kliwon sering kali terdengar suara Gamelan Jawa. Selain itu juga pada tiap hari Kamis Wage semua Kera-kera yang hidup di sekitar Kedung Kayang berkumpul di sekita air terjun tersebut.

Terlepas dari semua cerita mistis yang ada, Wisata Alam Air Terjun Kedung Kayang ini merupakan salah satu Wisata Alam Indonesia yang sangat indah yang wajib anda kunjungi. Apalagi harga tiket masuk yang di tawarkan sangatlah murah. Sekian informasi Pusat Rekreasi kali ini, selamat menikmati liburan anda.

Bagikan Tempat Wisata Favoritmu

Related Posts

Previous
Next Post »